Mangaka Kenichiro Takai meninggal dunia karena penyakit pneumonia di sebuah rumah sakit di Tokyo pada hari Senin lalu. Ia meninggal di usia 79 tahun.

Takai memulai debutnya sebagai mangaka pada tahun 1956 dengan manga Riko-chan di majalah Shojo. Dia juga bekerja sebagai asisten untuk Fujio Akatsuka dan Osamu Tezuka.

Saat ini, Takai tengah menggambar untuk seri manga Soumubi Soumuka Yamaguchi Roppeita bersama penulis Norio Hayashi. Manga tersebut mulai diluncurkan di majalah Shogakukan Big Comic sejak tahun 1986, dan Shueisha baru saja menerbitkan volume ke-79 dari manga tersebut pada tanggal 30 Juni kemarin. Nantinya, Shueisha akan menerbitkan volume ke-80 manga tersebut pada tanggal 30 November. Seri ini telah menginspirasi dibuatnya drama live-action pada tahun 1988, dan anime promosi dalam DVD pada tahun 2007 lalu.


Selain itu, Takai juga menggambar untuk enam volume seri manga Pro Golfer Oribe Kinjirou dengan penulis Tetsuya Takeda. Manga tersebut sempat memimpin di majalah Big Comic Superior terbitan Shogakukan pada 1990-an, hingga menginspirasi terciptanya serangkaian film live-action.

Sebagai asisten dari mangaka Himitsu no Akko-chan, pencipta dari manga Osomatsu-kun dan Akko-chan, Takai membantunya menciptakan banyak karakter ikonik untuk Osomatsu-kun, seperti Chibita dan Iyami.

Mangaka Masaharu Nabeshima menyatakan pada halaman Facebook-nya pada hari Senin kemarin bahwa Takai sedang mengerjakan storyboard untuk manga pada tiga hari yang lalu. Ia juga menambahkan bahwa "dia (Takai) adalah seorang pria tua yang keren sampai akhir." Takai dan Nabeshima sendiri dulunya bersekolah di SMA yang sama di Nagasaki.

Post a Comment

Powered by Blogger.