Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Di Jepang sendiri memiliki fakta-fakta unik yang memang hanya dimiliki oleh negara tersebut. Fakta-fakta unik yang hanya ada di Jepang, antara lain sebagai berikut:
  1. Kalau bunuh diri dengan cara menabrakkan diri ke kereta (lompat dari platform waktu kereta datang), artinya si korban bunuh diri dengan membuat kerugian besar bagi perusahaan kereta. Karena dengan bunuh diri seperti ini, bisa membuat beberapa kereta terlambat yang secara otomatis membuat ratusan orang terlambat! Jadi kalau ada yang bunuh diri, biasanya perusahaan kereta akan menuntut keluarga korban untuk membayar minimal 100 juta yen atau sama dengan 10 milyar rupiah!!
  2. Mayoritas perempuan Jepang selalu memakai sepatu hak 4 inci lebih dan jarang yang memakai flat shoes atau snickers.
  3. Banyak nenek-nenek dengan rambut warna (mayoritas) ungu, biru muda, dan pink!
  4. Banyak anak kecil umur 7 tahun kebawah, keluar rumah sendirian bahkan banyak yang naik kereta sendirian.
  5. Mayoritas laki-laki Jepang membentuk alisnya!
  6. Family restaurant di Jepang menyajikan hamburger steak dengan nasi.
  7. Sama seperti di cina, angka 4 dan 9 adalah angka sial. Angka 4 kalau dibaca berbunyi "shi" yang mempunyai arti lain "mati". Sedangkan angka 9 dibaca "ku" yang mempunyai arti lain "sengsara". Jadi masih banyak dormitory/apartment dan tempat-tempat lain yang menghilangkan 2 angka ini.
  8. Banyak pola kehidupan orang Jepang yang berlangsung seperti ini: waktu lahir dibawa ke kuil shinto, waktu menikah diselenggarakan digereja, dan waktu meninggal disemayamkan di kuil buddha. Intinya agama seperti mainan di Jepang, karena mayoritas orang Jepang tidak beragama dan tidak percaya Tuhan.
  9. Kita bisa menemukan orang yang makan pasta dengan memakai sumpit!
  10. Terdapat vending machine yang sangat variatif! Ada yang menjual minuman (paling standard), rokok, beras, alcohol, koran, komik, telur, bahkan kondom dan celana dalam.
  11. Jepang merupakan negara yang penduduknya rata-rata memiliki umur yang lebih panjang dibanding penduduk negara lain yang menjadikan Jepang sebagai negara peringkat 1 dunia dalam ranking rata-rata umur hidup penduduk.
  12. Mayoritas jalanan di Jepang tidak punya nama!
  13. Orang Jepang terkenal dengan tata krama dan kesopanannya. Kita bisa melihat mereka mengeluarkan "sisi liarnya" dalam 2 kondisi: ketika mereka mabok dan ketika mereka sedang berlarian masuk ke dalam kereta yang sudah mau berangkat.
  14. Maskot MCD di Jepang namanya bukan Ronald Mcdonald, tapi Donald Mcdonald.
  15. Ada BH khusus laki-laki di Jepang, bagi laki-laki yang merasa asetnya kebesaran!!
  16. Les menyetir mobil di Jepang punya harga yang selangit dibandingin negara lain. Harga dari kelas awal sampai lulus sekitar 200 ribu yen bahkan lebih! (200ribu yen=Rp 20.000.000).
  17. Orang Jepang adalah orang yang susah untuk berbicara terus terang/to the point. Misalnya kita tinggal disebuah apartment yang tetangganya adalah orang Jepang, dan misalnya suatu hari kita mendengarkan musik keras-keras di dalam kamar kita atau ngobrol + ketawa kencang-kencang bareng teman-teman kita, kemungkinan kita akan di tegor oleh tetangga kita karena berisik. Tapi cara menegornya bukan dengan menelepon kita/mengetok pintu kita, tapi dengan cara menelepon polisi untuk nyamperin apartment kita atau dengan membuat surat kaleng yang ditempel di depan pintu apartment.
  18. Orang Jepang sangat suka minum alkohol. Tapi kenyataannya mayoritas orang Jepang sangat lemah dalam meminum alkohol (cepat mabuk).
  19. Di dalam bahasa Jepang, negara "Jepang" disebut "nihon" atau "nippon". Kalau dilihat dari kanjinya, nihon/nippon mempunyai arti "(tempat) asal matahari". Oleh karena itu Jepang punya julukan sebagai negara matahari terbit. Titik merah pada bendera Jepang merupakan simbol dari matahari.
  20. Selain makan ikan mentah, orang Jepang juga makan daging kuda mentah dan rusa mentah.
  21. Kalau orang Jepang bilang :"setelah bekerja bagaimana kalau kita minum kopi?", artinya kita tidak diajak minum kopi, tapi minum alkohol.
  22. Koin 5 yen dan 50 yen mempunyai lubang di tengahnya. Jaman dulu lubang ini berfungsi untuk merangkaikan koin pada sebuah tali/benang, jadi bawanya gampang.
  23. Terdapat information center (gratis!) khusus untuk tempat-tempat mesum.
  24. Orang kantoran tidak pernah lepas dari jas dan kemeja dalam mereka biasanya berwarna putih, atau warna-warna soft. (Jarang yang memakai kemeja warna biru, hitam, hijau, kuning, dll). Dan untuk jas-nya jarang yang memakai warna coklat kecuali kakek-kakek.
  25. Kita bisa melihat anak-anak SMA lengkap dengan seragamnya pada hari sabtu atau minggu! Alasannya mereka ikut pelajaran tambahan di hari libur disekolahnya!
  26. Banyak orang yang sering berbicara sendiri di kereta, atau di tempat-tempat umum lainnya (terutama Tokyo).
  27. Para gelandangan tidak selalu tidur di dalam atau sekitar stasiun kereta.
  28. Untuk beli rokok di vending machine diperlukan sebuah kartu yang bernama taspo.
  29. Film hollywood yang tayang dibioskop mempunyai 2 versi, 1 versi text bahasa Jepang, dan 1 lagi versi dubbing bahasa Jepang.
  30. Orang bule di Jepang bisa menjadi artis dadakan. Bisa tiba-tiba diajak foto sama perempuan Jepang tidak dikenal, bisa tiba-tiba di deketin sama anak-anak SMP/SMA yang lagi belajar bahasa inggris, dll.
  31. Orang Jepang tidak terlalu suka manis, terutama dalam hal teh dan kopi. Kalau minum teh sudah pasti minum ocha (teh Jepang tanpa gula) dan kalau minum kopi mereka lebih prefer black coffee (tanpa gula).
  32. Topik basa basi paling standard di Jepang adalah tentang cuaca. Kalau nulis surat / email ke teman, biasanya cuaca wajib menjadi topik pertama. Bahkan kalau bertemu orang yang tidak terlalu akrab, kalau sudah bingung mau berbicara apa pasti mereka berbicara tentang cuaca. Misalnya: "akhir-akhir ini cuaca semakin dingin ya", atau "sudah seminggu ini hujan terus ya, kita harus jaga kesehatan nih .. ", dll.
  33. Dimana kita bisa melihat iklan bintang-bintang porno di toko video/DVD yang mereka bintangi dengan mempromosikan film mereka: "jangan lupa saksikan film terbaru saya..??"
  34. Kita bisa melihat bapak-bapak ber-jas dan wanita karir lengkap dengan blazernya yang pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda!
  35. Kalau dibanding dengan negara lain, biaya hidup di Jepang termasuk level medium (tidak semahal Australia dan negara Eropa lainnya). Jadi buat para turis, jangan takut ke Jepang karena mahal. Faktanya, harga makanan disana tidak terlalu mahal, baju-baju juga standard.
  36. Banyak ibu-ibu atau bapak-bapak atau nenek-nenek yang membawa kereta bayi, tapi begitu diintip isinya ternyata anjing.
  37. Kereta di Jepang cuma beroperasi dari jam 12 sampai setengah 1 malam. Jadi bagi orang yang ketinggalan kereta, biasanya capsule hotel, karaoke, restaurant 24 jam, menjadi pelarian mereka.
  38. Gigi orang Jepang banyak yang berantakan dan mereka biarkan begitu aja.
  39. Kue/snack untuk oleh-oleh biasanya memiliki bungkus yang berlapis-lapis.
  40. Perempuan SMA roknya WAJIB diatas lutut!!
  41. Sama seperti orang Indonesia, mereka tidak mengumbar kata "cinta". Jadi untuk menyatakan perasaan sayang mereka memakai kata "suka". Cinta bermakna lebih dalam dan dipake ketika sudah menikah dll.
  42. Taxi di Jepang sangat mahal! Dari bandara narita sampai ke daerah-daerah Tokyo bisa menghabiskan 20ribu yen (Rp 2.000.000). Tapi kita bisa bayar dengan credit card di taxi.
  43. Perempuan di kantor dibebasin bajunya. Tidak perlu selalu pake blazer, pake baju casualpun jadi. Ada juga yang dateng dengan celana pendek.
  44. Masih ada tempat pemandian umum campuran (perempuan & laki-laki).
  45. Judi, prostitusi, dunia entertainment dan sebagainya memakai yakuza sebagai backingannya.
  46. Banyak family restaurant yang memiliki sistem "all you can drink". Jadi kita tidak bisa pesan 1 gelas coke, atau 1 cangkir teh. Kita harus pesan all you can drink, dan bisa minum apa aja sepuas kita (hanya seharga 200 yen-an = Rp 20.000).
  47. Untuk menyambut natal biasanya mereka sudah mulai mendesign kota dengan tema natal dari awal bulan November!
  48. Disney Sea merupakan theme park yang hanya ada di Jepang!
  49. Hanya ada 4 lagu asing yang ada di karaoke Jepang: Cina – Korea – Barat – Filipina!
  50. Kalau makan ramen (mie) harus disruput + bunyi.

source: ngotaku

Post a Comment

Powered by Blogger.