Klakson bisa disebut sebagai perlengkapan standar, dengan maksud agar pengemudi lebih nyaman dalam berkendara. Tentu saja, penggunaan klakson amat berkait dengan sopan santun dalam berkendara di jalan.

Di Jepang, Eropa, atau Amerika, jarang sekali orang-orang menggunakan klakson.

Coba perhatikan saat Anda sedang berada di jalanan Jepang, pasti jarang terdengar klakson kendaraan. Padahal, jalanan disana cukup macet.

Kenapa ya???

Tingginya rasa solidaritas, disiplin berlalu lintas memang faktor utama, dan memang disebagian wilayah seperti rumah sakit, pemukiman penduduk, sekolah, dan di tempat-tempat lain, klakson sangat jarang dibunyikan.

Orang Jepang hanya menggunakan/membunyikan klakson bila:
  1. Di traffic light ketika lampu sudah hijau tetapi kendaraan di depan tidak menyadarinya, maka sebagai pengingat mereka membunyikan klakson.
  2. Saat dalam situasi yang dianggap membahayakan, seperti ada pengendara ugal-ugalan.
  3. Sebagai ucapan terima kasih ketika diberi jalan (hanya di sebagian wilayah Jepang)
Jadi meskipun macet, sangat tidak dianjurkan membunyikan klakson di Jepang, harus sabar menunggu. Kalau terlanjur membunyikan klakson, siap-siap saja mendapat makian atau dianggap orang tak punya santun.
Kota yang bersih dari sampah, jalanan yang tertib kendaraan dan jarang suara klakson terdengar, membuat Jepang begitu nyaman untuk dikunjungi.

Post a Comment

Powered by Blogger.