Shigeru Mizuki
Mangaka Shigeru Mizuki, dengan kreasi legendarisnya, yaitu manga GeGeGe no Kitaro dikabarkan menghembuskan nafas terakhir pada 30 November. Ia telah dirawat sejak awal November setelah jatuh pingsan di Tokyo, namun setelah menjalani operasi, ia akhirnya meninggal pada usia 93 tahun akibat kegagalan pada sejumlah organ dalamnya.

Lahir di Sakai Minato-city, Perfektur Tottori pada 8 Maret 1922, pemilik nama asli Shigeru Mura ini memenuhi kewajibannya untuk bergabung dengan pasukan militer Jepang pada tahun 1942 dan selamat dari kengerian Perang Dunia II dengan hilangnya tangan kirinya sebagai hasil dari serangan Angkatan Udara Amerika.
GeGeGe no Kitaro
Ia kemudian memulai debut karirnya sebagai mangaka melalui Rocketman pada tahun 1958. Dan atas ketertarikannya dengan youkai (monster supranatural dan roh dalam legenda Jepang) sejak masih kecil, ia kemudian menjadikannya sebagai tema utama dalam berbagai karyanya, seperti Hakaba Kitaro, Kappa no Sanpe, dan GeGeGe no Kitaro.

Selain karya-karya yang berbau youkai, Mizuki juga banyak mengungkapkan pengalamannya saat menjadi tentara selama Perang Dunia II, salah satunya adalah manga Souin Gyokusaiseyo! (Onward Towards Our Noble Deaths) yang diterbitkan pada tahun 1973 dan berhasil memenangkan Eisner Award kategori Best U.S. Edition of International Material - kategori Asia pada tahun 2012 lalu.
Powered by Blogger.