larangan selfie
Penggunaan tongkat selfie atau yang lebih dikenal sebagai tongsis mulai mengganggu orang lain. Saat ini, selfie mulai dilarang di beberapa tempat di berbagai wilayah di Jepang, terutama di daerah Chubu (Nagoya dan sekitarnya).

Nagashima Spa Land, sebuah taman hiburan di Kuwana, prefektur Mie telah melarang penggunaan tongsis terutama di roller coaster. Namun nantinya akan diperluas lagi, kata seorang sumber di taman hiburan tersebut. "Ada kecelakaan yang disebabkan oleh penggunaan tongkat selfie di masa lalu sehingga saat ini kami melarang penggunaannya," kata sumber tersebut.

Japan Monkey Center di Inuyama, prefektur Aichi juga telah melarang penggunaan tongsis sejak Juni lalu. Tapi di tempat-tempat tertentu yang telah ditentukan, pengunjung masih diperbolehkan untuk selfie. Di tempat monyet tersebut tampaknya ada penghalang elektrik yang berbahaya jika tersentuh tongsis. Jika monyet melompat kesana, juga akan menimbulkan bahaya.

Central Japan Railway Co (JR Tokai) juga mulai mendesak penumpang untuk tidak menggunakan tongsis di semua stasiun Tokaido Shinkansen sejak Juni 2015. Penggunaan tongsis mulai dilarang sejak di platform stasiun kereta api Shinkansen. Biasanya pelaku akan mendapat teguran dari petugas.

"Selfie yang sering dilakukan akhir-akhir ini tampaknya belum banyak terpikir tentang keamanannya sehingga akan menimbulkan berbagai bahaya," kata Katsuya Arai, profesor dari Kanto Gakuin University College of Humanities.
Powered by Blogger.