rok pendek jepang
Sebagai negara dengan julukan Matahari Terbit, Jepang memiliki aturan yang unik untuk seragam sekolah terutama untuk siswa perempuan. Sekolah di Jepang memberlakukan standar seragam tersendiri, yaitu semua sekolah baik swasta maupun negeri harus menggunakan seragam sekolah yang dinamakan Seifuku. Seifuku adalah baju pelaut. Seifuku ini dipakai oleh siswa perempuan. Untuk siswa laki-laki menggunakan celana panjang dan baju lengan panjang. Hampir semua siswi Jepang memakai seragam sekolah dengan rok mini yang jauh di atas lutut. Rata-rata rok siswi jepang berjarak 16,7 cm di atas lutut.

Jadi apa yang menyebabkan seragam sekolah siswi Jepang menjadi seperti sekarang ini? Di zaman kuno putri Jepang menggunakan kimono ketika pergi ke sekolah, tentu saja hal itu mempersulit gerak tubuh ketika beraktivitas terutama saat berolahraga. Kemudian muncullah ide seorang kepala sekolah Fukuoka Jo Gakuin, Ibu Elizabeth Lee saat mengenang model seragam yang dikenakannya ketika belajar di Inggris, yaitu baju pelaut.
Pada tahun 1918, Ibu Elizabeth meminta seorang penjahit di Oota Toyokichi untuk menjahit seragam atasan untuk siswinya. Tapi ternyata baju pelaut tersebut robek saat latihan olahraga, maka Ibu Elizabeth menyarankan untuk dipasang resleting dibagian kiri/kanan baju dari arah ketiak. Namun ternyata resleting bukanlah suatu hal yang lazim untuk dikenakan.
rok siswi jepang
Kendala selanjutnya adalah gerakan siswinya yang masih terhambat karena mereka memakai rok yang masih lurus panjang. Ibu Elizabeth datang kembali ke penjahit dan menjelaskan bahwa agar rok dibuat untuk lebih memudahkan dalam bergerak. Penjahit kemudian mendapat ide membuat rok lipit setelah melihat gorden yang tertiup angin. Akhirnya dibuatlah rok dengan banyak lipatan.
seragam siswa jepang
Pada tahun 1921, pertama kalinya penggunaan seragam pelaut di Jepang. Pada tahun yang sama, sekolah Gakuin Kinjou di Aichi juga memutuskan untuk menggunakan seragam pelaut tersebut. Untuk siswa laki-laki berseragam seperti tentara Jepang zaman dulu, lengkap dengan topi yang disebut 'gakuran'.

Untuk beberapa sekolah, seragam pelaut tidak digunakan lagi, tapi diganti dengan blazer atau kemeja putih lengan pendek atau panjang. Tapi rok yang dikenakan tetap pendek, anak-anak SMA di Jepang lebih modis dan memiliki seragam dengan gaya yang unik.
siswi jepang
Tapi perlahan rok siswi Jepang semakin pendek. Banyak orang menyukai seragam ini, tidak hanya laki-laki di Jepang saja, karena seragam sekolah tersebut membuat mereka terlihat cantik dan seksi saat memakai rok mini lipit dengan seragam atasan menggunakan kain berwarna putih tipis.
Powered by Blogger.