battle of surabaya
Sebuah film animasi layar lebar garapan MSV Pictures akan menyambut perayaan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia di layar bioskop seluruh Indonesia. Jika tidak ada halangan, Battle of Surabaya akan mulai ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia pada tanggal 20 Agustus 2015, 3 hari setelah perayaan 70 tahun kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2015.

Peristiwa berlatar pada 10 November 1945, film ini menceritakan tentang petualangan Musa, remaja penyemir sepatu yang menjadi kurir untuk pejaung Arek-Arek Suroboyo & TKR dalam bentrokan berat yang terjadi pada 10 November 1945 di Surabaya. Musa diyakini menjadi kurir surat dan kode rahasia yang dikombinasikan dengan lagu-lagu keroncong dari radio yang didirikan oleh Bung Tomo. Cerita ini diadaptasi dari pertempuran sengit pada saat itu, tetapi ada juga karakter fiksi yang sengaja dirancang untuk memperkuat pesan dari film Battle of Surabaya.
Meski begitu, perkembangan film ini sendiri pernah mengalami masalah pada mulanya, bahkan pernah macet di tengah-tengah penggarapannya. Hal ini diakui sendiri oleh Aryanto Yuniawan sebagai sang sutradara. Ia sempat merasa ragu bahwa proyek film Battle of Surabaya ini akan rampung.
aryanto yuniawan
Aryanto Yuniawan sang Sutradara

Dibawah ini adalah beberapa pengisi suara dari film animasi layar lebar Battle of Surabaya:

Ian Saybani, Novie Burhan, Jumali Jindra, Hermano, Joy, Hardi, dan Kamal Nasuti

Selain pengisi suara di atas, Battle of Surabaya juga merekrut 2 nama terkenal, yaitu Reza Rahardian dan Maudy Ayunda sebagai pengisi suara dalam film ini. Selain itu, juga mengambil beberapa orang dari luar negeri untuk mengisi suara karakter dari Belanda, Jepang, dan orang asing lainnya dalam film ini. Pengisi suara tersebut antara lain Jason Williams, Hidetoshi Tanaka, Nuriko Okuyama, dan Alejandro Esteban dan satu orang Jepang yang cukup terkenal di Indonesia, Nobuyuki Suzuki.
Powered by Blogger.